Kenapa Saya Mimpi Buruk ?

Mimpi buruk merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang diliputi oleh perasaan cemas, tertekan, takut, bahkan teror saat tidur.

Mimpi buruk pada anak-anak terjadi pada saat fase tidur bermimpi atau pada fase REM (rapid eye movement). Pada saat mengalami mimpi buruk, anak-anak dapat terbangun dan mengingat mimpi yang dialami.Namun, bila mimpi buruk tersebut diduga akibat pengalaman yang tidak menyenangkan sebelumnya dan mimpi tersebut terjadi berulang-ulang dengan tema yang sama, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Mimpi buruk pada orang dewasa baru dikategorikan berbahaya jika menyebabkan gangguan tidur, stres, dan muncul secara rutin. Jika seseorang mengalami gangguan beraktivitas sehari-hari akibat mimpi buruk,sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau psikiater.

Penyebab Mimpi Buruk

  • Kurang tidur. Perubahan jadwal tidur yang menyebabkan kurangnya jam tidur dapat memicu munculnya mimpi buruk. Insomnia juga dapat meningkatkan risiko munculnya mimpi buruk.
  • Trauma. Trauma yang dialami seperti kecelakaan, cedera atau pelecehan seksual dapat memicu munculnya mimpi buruk. Mimpi buruk seringkali muncul pada penderita post-traumatic stress disorder (PTSD).
  • Stres dan cemas. Munculnya stres akibat aktivitas sehari-hari (misalnya kegiatan sekolah atau pekerjaan), akibat kesedihan mendalam (misalnya kematian keluarga), ataupun kecemasan terhadap suatu hal dapat memicu mimpi buruk.
  • Obat-obatan. Beberapa obat-obatan, terutama obat antidepresan, dapat memicu mimpi buruk.
    Membaca buku atau menonton film seram.
    Konsumsi alkohol atau penggunaan narkoba.

Nah sudah tahu kan ma kenapa bisa mimpi buruk? jadi kalo ngak mau mimpi buruk yang diatas ini dihindari ya.

Komentar