Penyebab Makanan Mudah Basi

0
72
Penyebab Makanan Mudah Basi

1. Tempat dan cara menyimpan yang salah

Tempat dan cara menyimpan makan yang salah merupakan hal tersering penyebab makanan basi.Jika rumah Anda hangat dan lembab, buah-buahan dan sayuran yang tersisa di tempat terbuka akan matang dan basi lebih cepat. Suhu kulkas di bawah 4 derajat Celcius memungkinkan untuk mempercepat pertumbuhan bakteri pembusuk.

2. Kulkas yang kurang dingin

Lemari es biasanya diatur dengan suhu paling minimal adalah 4 derajat Celcius yang akan mencegah bakteri patogen tumbuh bebas saat bahan makanan disimpan. Namun, lemari es umumnya tidak cukup dingin untuk menghentikan semua pertumbuhan bakteri jamur tersebut. Pantau makanan terhadap tanda-tanda pembusukan, terutama daging dan makanan sisa yang masih bisa dimakan.Freezer pada kulkas ditujukan untuk menyimpan makanan jangka panjang. Petunjuk menyimpan makanan di lemari es yang benar seperti berikut:

3. Makanan juga bisa dehidrasi

Bakteri yang menyebabkan makanan basi butuh kelembaban, oksigen, dan suhu untuk berkembang biak cepat. Nyatanya, makanan juga bisa dehidrasi.Dehidrasi yang dimaksud adalah proses menghilangkan uap air dari makanan, sehingga memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang membuat busuk.Cara meminimalisir air pada makanan dengan benar adalah, dengan makanan yang harus dipanaskan sampai sekitar 60 derajat Celcius, atau saat kompor telah dimatikan, keringkan dengan cara dikipas-kipas atau berikan sirkulasi udara untuk membantu menarik kelembaban dari makanan. Hindari menutup makanan langsung saat masih panas.

4. Cahaya pada makanan

Hampir semua makanan yang terkena cahaya dari alam atau buatan, lampu kulkas contohnya, dapat menjadi penyebab makanan basi. Makanan menyerap paparan cahaya sehingga membentuk pembusukan pada makanan-makanan tertentu. Pembusukan cahaya pada makanan biasanya mengarah kepada jenis makanan tertentu, seperti makanan berlemak dan bersantan akan cenderung mudah basi.

Komentar