Tanaman kelor bisa tumbuh dengan mudah di daerah tropis seperti Indonesia dan beberapa negara sub tropis yang berada di kawasan Asia Selatan. Di Indonesia, daun kelor sering dikonsumsi untuk makanan dan obat-obatan.

Tanaman kelor ini memiliki tinggi 7 hingga 11 meter dengan batang yang kurus dan arah cabangnya tegak. Tangkainya panjang dengan daun beranak gasal yang berwarna hijau terang. Sejak tahun 1980-an, tanaman kelor ini ternyata telah banyak diteliti oleh tim dari seluruh dunia. Kesimpulannya, semua penelitian menunjukkan kalau daun kelor memiliki manfaat yang sangat besar seperti berikut ini:

1. Obat Stres

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics disebutkan jika daun kelor adalah salah satu tanaman terbaik untuk mengatasi stres. Mengapa demikian? Sebab pada daun kelor terdapat adaptogen alami yang bisa melindungi tubuh dari efek racun akibat stres. Saat ini juga sudah banyak suplemen yang terbuat dari ekstrak daun kelor dan ditujukan untuk dikonsumsi secara rutin supaya bisa menghindari stres.

2. Baik untuk Mengatasi Diabetes

Anda yang sakit diabetes pasti tahu betapa repotnya menjaga kadar gula darah supaya tetap seimbang. Nah, cobalah untuk mengonsumsi daun kelor ketika kadar gula darah Anda sedang naik. Dari sebuah penelitian diketahui kalau 50 gram daun kelor yang dikonsumsi bisa mengurangi gula darah sampai dengan 21 persen. Dianjurkan untuk penderita diabetes mengonsumsi daun kelor ini secara teratur baik dalam bentuk suplemen maupun secara segar. Daun kelor juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Mencegah Peradangan

Apabila Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan rentan terkena cedera, maka daun kelor adalah obat terbaiknya. Di dalam daun kelor terkandung anti inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan yang terjadi. Tahukah Anda, peradangan yang terus dibiarkan dan tidak diobati dengan tepat bisa memicu terjadinya penyakit jantung dan kanker yang sangat mematikan. Selain itu, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tingginya radikal bebas dapat memicu stres dan penuaan dini pada kulit serta rambut.

4. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat daun kelor yang sangat dikagumi oleh banyak peneliti adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Dalam daun kelor terdapat sel yang bisa memecah bibit kanker dalam tubuh manusia. Hal ini menjadikan daun kelor berfungsi sebagai pencegah kanker secara alami dan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di stadium awal.

Komentar