Bau Mulut

Majalah Happymama – Memasuki bulan Suci Ramadhan, salah satu masalah yang paling dihadapi oleh mama dan keluarga adalah masalah bau mulut saat berpuasa. Banyak faktor yang bisa membuat mulut menjadi bau dari tidak sikat gigi saat sahur sampai dengan kurangnya air liur yang mengalir kemulut saat puasa. Hal ini lantaran membuat kita menjadi tidak percaya diri saat ketemu dengan orang. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat mulut tidak bau saat puasa, cek tipsnya disini.

1. Berkumur dengan mouthwash

Banyaknya bakteri dimulut dapat menimbulkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bakteri dengan berkumur menggunakan mouthwash.

NB: Disarankan untuk menggunakan mouthwash tanpa alkohol.

(Baca Juga : Gepuk Daging Sapi, Resep Khas Sunda)

2. Sikat gigi

Setelah sahur, jangan lupa sikat gigi anda secara menyeluruh. Pastikan mama menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi.

Hal ini baik untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak.

Sikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa kalau benar-benar diperlukan.

Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi.

3. Bersihkan lidah

Lidah anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila anda merasa napas jadi tak sedap, Mama bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah yang sekarang sudah banyak dijual.

Ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

(Baca Juga : Menu Buka Puasa Untuk Penderita Maag)

Komentar