Cokelat Bikin Gemuk

Majalah HappymamaBenarkah Kebanyakan Makan Cokelat Bikin Gemuk. Cokelat merupakan makanan sejuta suka. Rasanya yang manis dilengkapi dengan sedikit rasa pahit dilidah membuat camilan yang satu ini banyak digemari. Namun, banyak orang takut untuk mengkonsumsinya setiap hari dikarenakan adanya mitos bahwa cokelat dapat mengakibatkan kegemukan. Tapi benarkah itu? Simak penuturannya berikut ini.

Cokelat ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Hampir tiga potong cokelat atau sebesar kurang lebih 37 g mengandung 170 kalori, di mana 110 kalorinya berasal dari lemak. Jika Anda makan 37 g cokelat setiap hari tanpa mengurangi kalori lainnya, Anda secara otomatis menambahkan 1190 kalori ke dalam tubuh Anda selama satu minggu.

Jadi Bayangkan, jika dibutuhkan 7000 kalori untuk menaikan berat badan sebanyak 1 kg, maka jika Anda mengkonsumsi 37g coklat sehari maka akan meningkatkan berat badan anda setelah menkonsumsi selama 6 minggu.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin merasakan manfaat kesehatan dari mengonsumsi cokelat, pastikan Anda mengonsumsi dengan jumlah yang tepat. Hanya dengan makan cokelat tiap hari sebanyak satu potong kecil dengan kandungan 30 kalori saja, Anda tetap bisa merasakan manfaat kesehatan dari makan cokelat tiap hari tanpa meningkatkan risikonya untuk kesehatan.

Susah Lepas dari Coklat? Ini Tips Sehat Konsumsi Coklat

Bagi Anda yang sudah untuk ‘melepas’ coklat dari makanan sehari-hari, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyiasati dampak cokelat terhadap tubuh, sehingga tetap bisa mengkonsumsi cokelat tanpa harus khawatir menjadi gemuk.

1. Atur porsi makan cokelat tiap hari

Jika memang tidak bisa lepas dari mengkonsumsi cokelat tiap harinya, pastikan Anda mengatur porsi cokelat yang hendak dikonsumsi setiap harinya dan jangan dilanggar. Artinya, Anda tetap dapat mengkonsumsi cokelat tiap hari namun pada jumlah yang telah ditentukan oleh Anda sendiri.

Tentu saja tidak pada jumlah yang banyak, yang penting Anda tetap bisa menikmati kelezatan cokelat yang Anda sukai setiap hari.

2. Pilih cokelat dengan kalori lebih rendah

Pilih cokelat yang memiliki kadar kalori yang lebih rendah. Cokelat Susu, memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibanding dengan Dark Chocolate, sehingga dark chocolate bisa jadi menjadi pilihan Anda untuk dikonsumsi setiap hari. Apalagi, dark chocolate lebih mengenyangkan dibandingkan cokelat susu sehingga Anda tetap akan merasa kenyang dan senang hanya dengan dark chocolate.

3. Imbangi dengan makanan sehat

Hal ini adalah yang harus dilakukan untuk mengibangi kalori yang dimakan dari cokelat. Anda dapat menambahkan porsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan gandum. Makanan-makan yang tinggi serat seperti itu dapat membantu untuk membuang kalori berlebih dari tubuh melalui kotoran.

4. Konsumsi cokelat dalam bentuk lain

Konsumsi cokelat harian Anda dalam bentuk lain. Misalnya, Anda biasa mengonsumsi kopi pada pagi hari dan makan cokelat kemudian. Daripada menumpuk kalori, sebaiknya ganti kopi yang biasa Anda minum pagi hari dengan asupan cokelat dalam bentuk minuman, seperti cokelat hangat. Sehingga, Anda pun tidak bosan dalam mengonsumsi cokelat. Cokelat dalam bentuk minuman memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan cokelat batangan.

5. Kurangi asupan makanan lainnya

Jika Anda memilihi untuk mengkonsumsi cokelat setiap hari, maka Anda harus rela mengurang asupan kalori dari makanan lainnya jika tidak ingin jadi gemuk.

Bayangkan bahwa cokelat merupakan ‘hadiah’ untuk diri Anda dari diri Anda sendiri, oleh sebab itu jangan memaksakan diri untuk makan makanan lain yang mengandung kalori tinggi karena dengan begitu berat badan Anda akan tetap melonjak.

Baca Juga :

Benarkah Kebanyakan Makan Cokelat Bikin Gemuk

Komentar